Wawali Surabaya Whisnu Sakti Buana
Wawali Surabaya Whisnu Sakti Buana

Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana bersama mahasiswa dari lintas universitas menggelar aksi turun ke jalan mengampanyekan perang terhadap Narkoba dan HIV Aids, Minggu (1/12/2019).

Aksi yang digelar di even Car Free Day (CFD) Jalan Raya Darmo ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dan komunitas yang ada di Surabaya. 

Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk menyosialisasikan bahaya narkoba dan penanganan terhadap orang dengan HIV/Aids (ODHA).

"Memperingati Hari Aids Sedunia ini, kita ajak agar relawan dari kampus-kampus ini bergerak untuk menyosialisasikan tentang HIV Aids itu sendiri. Sehingga, warga Surabaya tahu bahwa sebenarnya mereka yang ODHA itu nggak harus dijauhi," jelasnya saat ditemui di sela acara.

Menurut WS, sapaan akrabnya, masih banyak warga Surabaya yang memandang sebelah mata terhadap ODHA. Bahkan menurutnya, masih terdapat pemahaman yang keliru tentang penularan penyakit HIV Aids. 

Oleh karenanya, politisi PDIP ini ingin men-support para mahasiswa yang berasal dari Unair, UINSA, Unusa, Universitas Hang Tuah, Ubhara, UWKS, dan berbagai komunitas ini agar bersatu dalam perang terhadap Narkoba yang menjadi salah satu penyebab penularan penyakit HIV Aids.

"Bahwa ini statusnya sudah proxy war, perang ini, bahwa narkoba ini harus kita lawan betul. Nah makanya saya menggandeng pemuda-pemuda mahasiswa yang selama ini bergerak untuk melawan narkoba ini kita satukan," jelas pria yang santer disebut maju Pilwali Surabaya 2020 mendatang ini.

WS menginginkan agar ke depan semakin banyak masyarakat Surabaya yang tergerak untuk menghentikan penyalahgunaan narkoba dan mencegah penularan penyakit HIV Aids tidak hanya pada saat peringatan hari aids saja.

"Semoga ini terus berlanjut dan bergulir sehingga Surabaya benar-benar bisa bersih dari narkoba dan HIV Aids," pungkasnya.