Gaun dengan hiasan biola karya Sylvie Facon (Foto: Isntagram @sylviefaconcreaticfrance)
Gaun dengan hiasan biola karya Sylvie Facon (Foto: Isntagram @sylviefaconcreaticfrance)

Seiring dengan perkembangan dunia fashion yang tak pernah mati, desainer-desainer tak mau kalah untuk berkreasi dengan hal berbeda demi memikat penikmatnya. Konsep-konsep kreatif, unik, dan nyentrik seakan menjadikan seorang desainer fashion untuk menghadirkan busana yang beda dan dikenal dunia. 

Nah, kali ini ada seorang perancang busana Sylvie Facon yang berasal dari Arras, Perancis. Berbeda dari desainer kebanyakan, Sylvie menciptakan gaun dengan menggunakan benda sehari-hari. Ia menyulap komponen arloji, biola, hingga buku tua menjadi sebuah gaun yang indah.

Seperti biola bekas yang menempel pada gaun. Hiasan itu membuat pemakainya seakan kemana-mana membawa biola, yang siap untuk dimainkan kapan saja. Lalu, ada juga tampilan bola pasir yang ditempelkan dalam salah satu gaun buatannya itu.

Dilansir dari berbagai sumber, desainer ini mengaku inspirasi terbesarnya dalam membuat busana berasal dari alam dan lingkungan. Meski tak mengikuti perkembangan mode, ia merasa setiap gaun yang dibuatnya menceritakan sebuah kisah yang diekspresikan dalam sebuah tema.

Untuk membuat satu gaun unik yang sering menampilkan detail renda dan full skirt itu, masing-masing membutuhkan waktu selama 250 jam.

Ia juga menggunakan buku-buku tua untuk membuat korset. Bahan lainnya, seringkali ia memakai jerami, mutiara, kain yang dilukis, bunga, dan yang lainnya untuk menghias gaun-gaunnya.

Karya-karya busananya yang dipamerkan di laman instagram pribadinya @sylviefaconcreaticfrance ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 31 juta hingga Rp 73 jutaan. Cukup mahal memang, tapi gaun yang dihasilkannya terbilang cukup eksklusif lho. Lantaran, hanya dibuat satu buah saja dalam setiap desain busana.